Danyonif Raider 300 Beserta Taruna Tingkat III Akmil Laksanakan Wisata Budaya ke Gunung Padang

banner 468x60

Bhinnekanews.id, Cianjur – Yonif Raider 300/Bjw beserta Taruna Akmil melaksanakan wisata ke Situs Cagar Budaya Gunung Padang, Cianjur.

Hal tersebut yang disampaikan Komandan Yonif Raider 300/Bjw Mayor Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P. dalam release tertulisnya di Kab. Cianjur, minggu (22-05-2022)

Situs Gunung Padang merupakan Situs Cagar Budaya Peringkat Nasional yang terletak di daerah Cianjur, Jawa Barat. Situs ini berbentuk punden berundak yang merupakan tinggalan masa prasejarah yaitu zaman batu besar atau megalit. Tinggalan bebatuan tempat pemujaan ini masih berdiri tegak hingga kini dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Situs Gunung Padang menjadi salah satu tujuan wisata unggulan Jawa Barat. Sejak tahun 2014, Situs Gunung Padang telah ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya berperingkat nasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 023/M/2014.

Baca juga:  TOBA (Bhinneka News): Formula Satu PowerBoat (F1H2O) Pelabuhan Balige H-11 sudah mencapai 95 persen.

Bahkan baru-baru ini arkeolog mengungkapkan bahwa situs Gunung Padang merupakan piramida yang terkubur, dengan uji karbon dating disebutkan bahwa situs ini sudah ada sejak 8.000 tahun sebelum masehi.

“Kegiatan wisata yang dilakukan oleh Yonif Raider 300 beserta Taruna Akmil ini bertujuan untuk memperkenalkan cagar budaya yang berada di Kab. Cianjur kepada Taruna Akmil, selain untuk memperkenalkan Situs budaya, wisata ini juga bertujuan untuk menambah wawasan kepada Taruna Akmil akan Cagar budaya peninggalan Nenek moyang yang berada di Kp. Gunung Padang, Ds karya Mukti, Kec.Campaka, Kab Cianjur.
Serta para Taruna Akmil di manapun berdinas setelah lulus Nati menghargai dan menghormati Budaya setempat,”
ujar Danyonif

Kuncen Gunung Padang Nanang Sukmana (53 Tahun) juga mengatakan “Gunung Padang memang menarik untuk dikunjungi karena kita dapat melihat dan menyaksikan langsung betapa besarnya kehebatan dan kebesaran nenek moyang, penduduk juga menggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, Raja Sunda yang berusaha untuk membangun istana dalam semalam, sehingga menjadi misteri yang masih belum terpecahkan sampai sekarang.

Baca juga:  Kadiv Humas Polri Ungkap Peran Strategis Polri Dalam Menangkal Hoaks untuk Pemilu Damai09/08/2023.

Oleh karena itu, situs ini perlu kita jaga bersama demi kelestariannya karena Situs Gunung Padang merupakan peninggalan peradaban Dunia yang tidak ternilai dan menunjukkan tingkat kebudayaan yang tinggi sebagai suatu bangsa. Jika tidak kita jaga bersama maka situs ini perlahan-lahan akan hilang atau mengalami kepunahan. Para pengunjung sangat diharapkan dapat bersama-sama menjaga Situs Gunung Padang dengan baik,” ucapnya.

Autentikasi: Pen Yonif Raider slalu 300 Lettu Inf Dody Suyono.

(BN/JH)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *