Dorong Peran Aktif Masyarakat, Polres Simalungun Gelar Lomba Pos Kamling.

banner 468x60

SIMALUNGUN – Bhinneka News~Dorong peran aktif masyarakat dalam pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas, Polres Simalungun, Polda Sumatera Utara memulai pelaksanaan penilaian Pos keamanan lingkungan (Pos Kampling).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun, merupakan salah satu cara dari Kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Dalam menjaga dan memelihara keamanan lingkungan, peran Pos Kampling memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat membantu dalam menjaga Harkamtibmas.

Untuk itulah, Polres Simalungun mengapresiasi kegiatan tersebut dengan melaksanakan lomba Pos Kampling, yang diikuti oleh semua kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Simalungun.

Baca juga:  Pangdam XII/Tpr Menghadiri Acara Penyerahan DIPA APBN Dan TKD Provinsi Kalimantan Barat TA 2024

“Pos ronda atau Pos Kampling sangat membantu jika ada hal urgent mengenai keamanan, dan dengan adanya penjagaan hal tersebut bisa segera tangani,”Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., pada Sabtu, (3/6/2023).

Keberadaan Pos Kampling, lanjut Ronald, selain menjaga keamanan lingkungan, juga bisa dijadikan sarana para warga berkumpul untuk saling gotong royong, wadah saling berbagi informasi dan komunikasi.

Sebab keamanan lingkungan bukan hanya perihal kejahatan, namun banyak hal semisal terjadi bencana dan kejadian darurat.

“Lomba Pos Kampling Polres Simalungun, sebagai bentuk komitmen kami untuk menjadikan Simalungun, aman, damai, tentram, kondusif dan sejahtera,” jelasnya.

Ditempat yang berbeda, Wakapolres Simalungun KOMPOL Efianto, S.H, M.H., menjelaskan, Pos Kampling yang dinilai harus memiliki standar dengan melihat beberapa aspek, mulai aspek kesiapan, struktur, sumber daya manusia, sarana prasarana, kegiatan yang berkelanjutan.

Baca juga:  Camat Matan Hilir Selatan Puji Semangat Satgas TMMD Reg Ke-116, Kodim 1203/Ketapang

“Ada 50 indikator yang dijadikan standar dalam penilaian lomba Pos Kampling kali ini,” ungkap Efianto.

Proses penilaian, lanjut Efianto, akan dilakukan oleh tim gabungan dengan melibatkan dari beberapa unsur, mulai dari Pemerintah Daerah (Pemda), TNI-POLRI dan dari unsur Satpol PP. Tim yang dibentuk, dipimpin oleh ketua tim dan 5 personil gabungan beberapa unsur yang ada.

J“Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, untuk penilaian sudah ada beberapa Pos Kamling yang dilakukan peninjauan dan bekerjasama dengan Polsek Sejajaran Polres Simalungun,” pungkasnya.(EA.P)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *