• Ming. Sep 25th, 2022
Kegiatan Penyuluhan yang Dilangsungkan di Balai Desa Lama Baru, Kecamatan Sei Lepan, Jumat (20/05/2022), (Foto: BN/AL)
Share
featured ads

Bhinnekanews.id, Langkat – Pada kegiatan sasaran non fisik TMMD 113 Kodim 0203/Langkat kali ini, digelar penyuluhan Posyandu, Posbindu PTM dan Stunting.

Kegiatan yang dilangsungkan di Balai Desa Lama Baru, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat pada Rabu (18/5/2022) kemarin dihadiri sejumlah ibu dengan bayi maupun anak balitanya.

featured ads

Penyuluhan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi serta memberikan pertumbuhan terbaik bagi “si buah hati” ini menghadirkan pemateri dari Bakes Kesdam I/BB, dan bidan desa, serta dihadiri Koordinator TMMD 113 Kodim 020Lkt, Kapten Inf Erwin YS Harahap dan sejumlah perangkat Desa Lama Baru lainnya.

Baca juga:  Pembukaan Jalan di Sei Lepan Kab Langkat Mulai Tunjukan Hasil, Ini Buktinya

Dalam materi penyuluhannya, Bakes Kesdam I/BB menyampaikan pentingnya bagi ibu dan anak untuk mengikuti secara rutin program Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), baik mengenai berat badan bayi yang ideal, pemberian asupan untuk gizi dan kesehatan, serta pertumbuhan bayi.

“Begitu juga dengan Posbindu PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular). Hal ini harus diketahui para ibu menyusui. Karena Posbindu PTM ini adalah kegiatan memonitoring (mengecek) secara rutin kesehatan ibu dan bayinya guna deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan dan keselamatan jiwa,” jelas Bakes Kesdam I/BB.

Mengenai masalah stunting, yakni kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya.

Baca juga:  Satgas TMMD 113 Kodim 0203/Langkat Gali Lobang Untuk Pembuatan Gorong-gorong

Masalah stunting ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi pada anak, baik pada saat kehamilan maupun setelah lahir dan kondisi kurangnya asupan gizi ini berlangsung lama.

Setelah memberikan penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan penimbangan berat badan bayi dan cek tensi darah bagi ibu menyusui maupun yang sedang hamil.

Tak lupa, dalam kegiatan ini juga disosialisasikan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan diri dari bahaya Covid-19 dengan cara tetap mentaati aturan Protokol Kesehatan yang diberlakukan pemerintah, serta mengikuti program vaksinasi.

Kodim 0203/Lkt

(BN/AL)

featured ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.