Hotel Tak Mampu Tampung Pengunjung F1H2O, BPODT Ajak Warga Siapkan Homestay

banner 468x60

Medan – Badan Pelaksanaan Otoritas Danau Toba (BPODT) mengajak warga di Balige, Kabupaten Toba untuk menjadikan kediamannya sebagai homestay atau penginapan saat Kejuaraan Balap Perahu Motor Seri Dunia atau F1H2O pada 24-26 Februari 2023.



“Hotel dan penginapan di kawasan Danau Toba diperkirakan tidak mampu menampung para pengunjung yang datang, sehingga rumah-rumah warga di Balige akan dijadikan homestay guna menyiasati keterbatasan penginapan di sekitar lokasi penyelenggaraan F1,” kata Direktur Utama BPODT Jimmy B Panjaitan di Medan, Sabtu (4/2).



Terkait hal itu, pihaknya bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengedukasi dan melatih masyarakat yang rumahnya akan dijadikan homestay.



Berdasarkan data, di Balige terdapat 21 hotel dengan jumlah 564 kamar, di Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun terdapat 11 hotel dengan jumlah 774 kamar.



Selanjutnya, di Kabupaten Samosir sebanyak empat hotel dengan jumlah 261 kamar.



“BPODT lebih mengambil peran mendukung saja promosi, kita bantu penyelenggaraan side event, mendorong homestay ini,” katanya.



Bagi rumah warga dijadikan homestay, pihaknya akan memberikan pelatihan tentang bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang akan menonton F1H2O.



Selain itu, Jimmy mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba akan menyiapkan lahan bagi wisatawan atau pengunjung yang akan menonton F1 Powerboat untuk berkemah.



Di lokasi tanah lapang itu nantinya akan dilengkapi fasilitas untuk shalat hingga toilet.



Hal ini, bertujuan memberikan wisatawan tidak mendapatkan penginapan bisa menyewa atau membawa tenda sendiri untuk berkemah sembari menonton F1 Powerboat.



“Disiapkan tanah lapang oleh Bupati Toba, untuk berkemah dengan fasilitas tempat shalat hingga toilet. Sedangkan, para pembalap F1 Powerboat booking hotel Labersa dan sudah penuh ini,” kata Jimmy. (Gg)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *