Kapolres Samosir Pimpin Apel Kesiapan OPS HOPAL TOBA 2023 Dalam Rangka Penggelaran Event F1H2O Power Boat.

banner 468x60

Samosir,Bhinneka News.
Dalam rangka Penggelaran Event F1H20 Power Boat, Polres Samosir gelar Apel Kesiapan OPS HOPAL TOBA 2023, di Halaman Apel Mako Polres Samosir, Jl. Danau Toba Kel. Pasar Pangururan Kec. Pangururan Kab. Samosir.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Apel Kesiapan OPS HOPAL TOBA 2023 ini dipimpin oleh Kapolres Samosir (AKBP Yogie Hardiman, S.H.,S.I.K.,M.H) dan pejabat-pejabat Apel, yakni Perwira Apel Kasubbagdal Ops Polres Samosir (AKP Effendi) dan Komandan Upacara (IPDA Abdul Rahman, S.H.)

Kegiatan ini dihadiri oleh, Peleton/Pok Pejabat Utama, Pleton Bag Ops, Bag Ren , Bag SDM, Sat Binmas dan Sat Tahti, Pleton Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Sat Narkoba, Pleton Sat Samapta, Pleton Sat Lantas, Pleton Polsek Gabungan Polres Samosir, Pleton PHL Polres Samosir.

Sebagai amanat dari pimpinan apel, Yogie menyampaikan, bahwa ajang balapan perahu cepat (speed boat race) serupa ajang Jet darat formula 1 berlevel dunia yakni F1 werboat (F1H20) world championship yang bakal digelar di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) danau toba, Sumatera utara pada 24 s/d 26 februari 2023. Awal nya F1H2O diadakan pada tahun 1984. Tercatat hingga kini F1H20 telah digelar di 39 negara. Pada tahun 2023, indonesia mendapat Kepercayaan untuk menjadi tuan rumah. Dan danau toba Dijadikan tempat berlangsungnya acara tersebut.

Dikatakannya, Seri balap power boat F1H2O Lake Toba diperkirakan menjadi salah satu daya tarik bagi pariwisata domestik maupun
Wisatawan mancanegara. Ajang F1 powerboat (F1H20) world Championship ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk terus menggenjot sektor pariwisata sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional tahun 2023-2024.

Baca juga:  Berburu Berkah Ramadhan, Koramil Selo Membagikan Takjil Gratis

“Dengan diselenggarakannya F1H20 di Danau Toba, kita Berharap dapat menarik wisatawan pasca pandemi covid-19, sekaligus mendorong ekonomi dan pariwisata di daerah sekitar, dapat tumbuh serta berdampak positif pada masyarakat dan multiplayer efect serta peningkatan perputaran ekonomi terhadap potensi pariwisata, olahraga, Serta ekonomi kreatif di toba maupun di indonesia” ujarnya.

Dijelaskannya lagi, polda sumut telah menyiapkan sistem rekayasa lalu lintas di wilayah Balige, Kabupaten Toba yang berlaku selama perhelatan balapan kapal super Cepat internasional F1H20 power boat 2023 dan juga menggelar Tactical Floor Game (TFG) yang diikuti oleh seluruh stakeholder keamanan dalam rangka persiapan pengamanan Formula satu powerboat (F1H2O) world championsip lake Toba.

Untuk keamanan, Polda Sumut telah melakukan latihan pengamanan untuk memastikan rekayasa lalu lintas. Semua Event keamanan itu sekaligus tetap memastikan kegiatan masyarakat berjalan dengan baik dan melakukan apel gelar Pasukan sebagai tanda kesiapan melalui Operasi Hopal Toba 2023.

Kapolda Sumut, Irjen. Pol. R. Z. Panca Putra Simanjuntak memimpin secara langsung TFG pada hari kamis 16 februari 2023 di pendopo rumah dinas bupati toba. TFG adalah metode Pengamanan suatu acara yang dilakukan menggunakan Bantuan floor game, yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di lapangan.

Pada kesempatan ini Kapolres Samosir juga menyampaikan arahan Kapolda Sumut Irjen. Pol. Panca Putra Simanjuntak, bahwa TFG ini berguna untuk mengkomunikasikan pelaksanaan tugas di lapangan serta pengamanan di seluruh venue (lokasi) utama, maupun Wilayah side event (kegiatan tambahan), sehingga Diharapkan penyelenggaraan F1 Power Boat World
Championship Lake Toba berlangsung sukses.

Dilanjutkannya, Bapak Kapolda juga mengingatkan pengamanan harus berjalan sebaik-baiknya, sehingga masyarakat yang akan datang tidak kebingungan tapi bisa dengan jelas mengetahui bagaimana dia bisa berpindah tempat, bisa menjangkau makanan dan jalur evakuasi juga menjadi perhatian utama.

Baca juga:  Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Menemui Tokoh Pemuda dan Warga

Perlu diketahui, guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif untuk mensukseskan pelaksanaan Event F1H2O, Jajaran polres samosir didukung instansi pemerintah dan masyarakat Kab. Samosir telah melaksanakan berbagai Kegiatan menjelang pelaksanaan event yaitu :
Pemasangan baliho oleh dinas kominfo dan personil Polres samosir di pintu masuk pelabuhan.

Melaksanakan kurve bersama dengan TNI, instansi Pemerintah dan masyarakat di wilayah seputaran Kab. Samosir.

Melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalin di pintu masuk pelabuhan, yang mana diprediksi banyaknya wisatawan yang akan berkunjung dan berlibur di Wilayah Kab. Samosir menjelang dan pasca pelaksanaan Event F1H2O.

Melakukan pengecekan ketersediaan kamar hotel yang akan dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun Internasional pada saat event berlangsung.

Pada pelaksanaan apel gelar kesiapan ini menandakan bahwa Seluruh personil pengamanan baik TNI, Polri dan komponen masyarakat dan instansi pemerintah siap mengamankan, menyatukan langkah, persepsi dan pola pikir guna dapat mengantisipasi setiap kemungkinan potensi yang dapat terjadi pada saat terselenggaranya kegiatan balap F1H2O Powerboat.

“Kepada seluruh personil, perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan pengamanan ini agar panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas, Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada. Kepada para perwira selaku pengendali dan sipropam serta siwas selaku pengemban fungsi pengawasan mampu melakukan pendisiplinan terhadap personil dalam Pelaksanaan pengamanan event F1H2O power boat. Teruslah berbuat baik, kerja cerdas, kerja cepat dan kerja tuntas bersama kita bisa, imbuh Yogie Hardiman sekaligus menutup amanatnya.EA/

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *