Kapolres Simalungun Sampaikan Kesiapan Pengamanan Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di High Level Meeting

banner 468x60

PEMATANGSIANTAR –Bhunneka News– Dalam rangka persiapan menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pemerintah Kabupaten Simalungun bersama Polres Simalungun telah melaksanakan Rapat Koordinasi High Level Meeting (HLM) Lintas Sektoral. Pertemuan ini dipimpin oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H. pada Rabu, 6 Desember 2023 di Ruang Rapat TB Simatupang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., menegaskan pentingnya koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral untuk menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Beliau menekankan bahwa kesiapan kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah prioritas utama.

“Kami dari Polres Simalungun berkomitmen penuh untuk memastikan bahwa perayaan Natal dan pergantian tahun dapat berlangsung dengan aman dan damai. Kami ingin masyarakat bisa merayakan dengan tenang tanpa harus khawatir tentang keamanan,” ujar AKBP Ronald.

Beliau juga mengingatkan semua pihak tentang pentingnya menjaga situasi yang kondusif, khususnya menghadapi tantangan inflasi dan stabilitas harga yang mungkin terjadi selama periode penting ini. “Stabilitas harga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keamanan umum. Oleh karena itu, upaya untuk menjaga inflasi tetap terkontrol melalui kerjasama dengan instansi terkait sangatlah penting,” terang beliau.

Baca juga:  Bakamla RI Jemput Delapan Nelayan Indonesia yang Hanyut ke Perairan Malaysia

Selain itu, Kapolres menjelaskan langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan untuk memastikan ketersediaan barang, khususnya bahan pangan strategis. “Operasi pasar dan kerjasama dengan pedagang serta distributor lokal merupakan langkah yang sudah kami tempuh untuk menstabilkan harga di pasar,” lanjutnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa Polres Simalungun tidak akan mentolerir adanya spekulasi harga atau tindakan yang dapat mengganggu kestabilan ekonomi, serta menegaskan bahwa tindakan hukum yang tegas akan diambil terhadap pelaku yang tertangkap tangan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menyoroti kesiapan jajarannya dalam mengamankan jalur transportasi dan titik-titik rawan kemacetan atau kecelakaan. “Kami akan menempatkan personel kami di titik-titik strategis untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama periode libur panjang ini,” imbuh AKBP Ronald.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Simalungun mengungkapkan harapannya agar kegiatan koordinasi yang telah dilakukan tidak hanya berhenti pada rapat, melainkan berlanjut dalam bentuk aksi nyata di lapangan yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh pihak, termasuk masyarakat Simalungun.

“Marilah kita semua berkerja sama, berkolaborasi dengan baik, mengedepankan toleransi dan semangat kebersamaan, untuk menjaga Simalungun agar tetap aman dan nyaman bagi semua,” tutup AKBP Ronald F.C Sipayung dengan nada yang mengajak dan meyakinkan.

Hadir dalam kegiatan ini, selain Kapolres Simalungun, juga Wakil Bupati Simalungun H. Zony Waldi S.Sos., M.M., dan perwakilan dari Forkopimda serta sejumlah instansi terkait. Mereka fokus membahas upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan barang, kelancaran distribusi, dan arus transportasi di wilayah kabupaten Simalungun menjelang hari besar tersebut.

Salah satu tugas utama yang dibahas adalah kesiapan Polres Simalungun melaksanakan Operasi Lilin Toba 2023. Kegiatan ini merupakan upaya pengendalian inflasi daerah dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Baca juga:  Rehab Madrasah RA Alfa Rukiyah Hampir Tuntas, Satgas Lanjutkan Pengecatan Dinding Samping dan Belakang

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald, menekankan pentingnya menjaga laju inflasi dan stabilitas harga, terutama untuk komoditas pangan strategis. Beliau menyatakan bahwa pihak kepolisian siap mencegah spekulasi harga dan memastikan situasi keamanan dalam negeri yang stabil.

Sebagai bagian dari inisiatif untuk menjaga ketersediaan pangan, Polres Simalungun telah bekerjasama dengan Pengurus Cabang Bhayangkari Simalungun dalam program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang tersebar di seluruh polsek. Upaya lainnya termasuk penegakan hukum terhadap peredaran uang palsu dan usaha penukaran valuta asing yang ilegal.

Program Penanganan Angka Stunting juga menjadi sorotan, di mana Polres Simalungun menjadi bapak asuh untuk 110 anak dari 18 nagori di kabupaten tersebut. Upaya-upaya preventif dan promosi kesehatan masyarakat pun ditambahkan sebagai bagian dari upaya ini.

Menjelang pemilu 2024, kegiatan penyuluhan dan pendidikan politik juga digencarkan oleh pihak Polres. Ini dilakukan untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan serta meningkatkan pemahaman demokrasi di masyarakat.

Akhirnya, menjaga toleransi antar umat beragama menjadi bagian tak terpisahkan dari agenda rapat tersebut. Melalui program Jumat Curhat dan Minggu Kasih, Polres Simalungun berharap untuk mendekatkan diri dengan semua elemen masyarakat dan menghadirkan suasana yang harmonis dan damai.

Koordinasi antar instansi melalui HLM ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat guna menjamin perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Simalungun berlangsung dengan aman dan lancar.(EA.P)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *