oleh

KASAL: Jadilah Staf yang Buat Komandan Yakin dan Jadilah Komandan yang Buat Anak Buah Yakin

featured ads

Bhinnekanews.id, Jakarta — Sebagai perwira staf dan komando, jadilah staf yang membuat komandan yakin dalam mengambil keputusan, dan jadilah komandan yang membuat anak buah yakin dalam melaksanakan apa kalian putuskan,” demikian pesan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-60 TA. 2022 di Seskoal, Ciledug, Jakarta Selatan. Selasa (1/11/2022).

featured ads

Di awal pembekalannya, Laksamana Yudo menyampaikan Visi selama menjabat sebagai Kasal yakni “Terwujudnya TNI AL Yang Profesional, Modern dan Tangguh Untuk Mewujudkan Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”.

Selanjutnya Visi tersebut oleh Kasal Laksamana Yudo dijabarkan dalam empat Misi yaitu mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan berkarakter. membangun struktur kekuatan TNI AL dengan manajemen organisasi modern, efektif dan efisien. Mewujudkan SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu) yang terintegrasi, kesiapan operasional tinggi, berteknologi mutakhir dan interoperability. Membina kekuatan dan kesiapan operasional TNI AL sebagai kekuatan matra laut yang mampu dan tangguh dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Baca juga:  Posko KSJ Peduli Bencana Semeru Lumajang Menggelar Cek Kesehatan dan Dapur Umum di Area Pengungsian

Selain itu, Kasal juga menyampaikan beberapa kriteria seorang perwira yang baik, diantaranya haus pengetahuan, mau bertanya dan mencari tahu. Perwira yang baik adalah profesional dalam artian mencintai serta menguasai tugas dan tanggung jawabnya. Dia juga menjadi sosok yang berani, ksatria dan bertanggung jawab, serta berani mengambil keputusan didasari pemahaman situasi dan pertimbangan yang matang.

Di samping itu, berpikiran terbuka (open minded), mau menerima masukan dan bahkan kritikan, serta memiliki pola pikir yang terus berkembang atau growth minded, bukan stagnan karena terjebak rutinitas dan zona nyaman atau fixed minded. Tidak takut gagal dan berani mencoba. Perwira yang baik juga tegas dalam bersikap namun tidak otoriter. Tetap bijaksana dan tenang di tengah krisis sehingga dapat berpikir jernih dan membuat keputusan yang tepat.

Baca juga:  Kekompakan dan Kebersamaan Terlihat Dalam TMMD 113 Kodim 0203/Lkt, Ini Buktinya

Pada kesempatan itu, Laksamana Yudo juga berpesan kepada para Pasis untuk membangun stigma positif dengan perilaku yang baik. “Bangunlah stigma yang positif dengan perilaku yang baik setiap hari.Jadilah perwira yang selalu dicari dan dibutuhkan, bukan ditolak dan dihindari. Ke atas – dipercaya dan dapat diandalkan, ke samping – setia kawan dan diterima, ke bawah – sebagai tauladan, dicintai dan dibanggakan,” pesannya.

Selain pembekalan oleh Kasal kepada para Pasis, Ketum PP Jalasenastri Ibu Vero Yudo Margono juga memberikan pembekalan kepada para istri Pasis. Pendidikan Reguler Angkatan Ke-60 Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut ini diikuti 182 perwira siswa yang terdiri dari 162 Pamen TNI AL, 2 TNI AD, 2 TNI AU, 7 POLRI dan 9 dari negara sahabat. Pendidikan akan ditutup esok hari Rabu, 2 November 2022.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

(BN/JH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed