KBN Pasmar 2 Resmi Menjadi KBN Ke-69 TNI AL

banner 468x60

Jakarta — Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayor Jenderal TNI Mar Markos mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pasmar 2 di Dusun Trocor Desa Kedungpandan, Kec. Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (4/12).

Didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Pejabat Utama Mabesal, Pejabat Kotama TNI wilayah Surabaya, Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Ibu-ibu pengurus Jalasenastri serta perwakilan dari TNI AD dan TNI AU, Aspotmar Kasal meresmikan KBN Pasmar 2 ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan Prasasti.

Kegiatan diawali dengan Tari Sambutan Banjar Kemuning dan Gukyuk, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemutaran Filler KBN Pasmar 2 dan ucapan terima kasih dari perwakilan masyarakat, sambutan Aspotmar Kasal, peresmian KBN secara serentak melalui Vicon, penekanan tombol, pemotongan pita, penandatanganan prasasti, pembagian sembako kepada masyarakat, foto bersama, doorstop dan pemberian cinderamata serta pemberian piagam kepada Mitra TNI AL yang mendukung KBN TNI AL.

Sebelumnya, kegiatan yang bertemakan “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Tranformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera”, Aspotmar Kasal, Wakil Gubernur Jatim dan para pejabat undangan berkesempatan untuk meninjau lokasi pengobatan massal gratis, penyuluhan program stunting kepada 50 peserta, berinteraksi langsung dengan para nelayan di dermaga, pemberian bingkisan berupa makanan sehat untuk peningkatan gizi balita dan anak dan berinteraksi dengan nelayan tambak di dermaga.

Kasal dalam amanat yang dibacakan Aspotmar Kasal mengatakan bahwa KBN merupakan wadah untuk pembinaan wilayah pesisir. “Agenda ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi, kesehatan dan edukasi bagi masyarakat pesisir serta merupakan bentuk implementasi dari Bintahwilmar guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam mendukung sistem pertahanan semesta”, ungkap Kasal.

Baca juga:  Erick Thohir: PSSI Fokus ke Piala Dunia U-20

Menurut Kasal, peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program Kampung Bahari Nusantara, merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa program prioritas Nasional tahun 2023.

Baca juga:  Kerja Bakti TNI AL di Pantai Hamadi Papua, Berhasil Kumpulkan Ratusan Karung Sampah

Beberapa program prioritas tersebut antara lain memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat stabilitas politik, hukum pertahanan dan keamanan.

Saat ini sudah terdapat 69 Kampung Bahari Nusantara yang dibangun tersebar di seluruh Indonesia salah satunya KBN Pasmar 2 Sidoarjo. Kehadiran Kampung Bahari Nusantara ini sesuai dengan program unggulan Kasal dalam rangka membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI/TNI AL bersama rakyat untuk kepentingan negara.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Editor : Jo

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *