• Sel. Okt 4th, 2022

Pangdam XII/Tpr Mengapresiasi Terhadap Delegasi Tim SFAB

Pangdam XII/Tpr Mengapresiasi Terhadap Delegasi Tim SFAB
Share
featured ads

Bhinnekanews.id, Kubu Raya – Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M selaku Pangdam XII/Tanjungpura, menyampaikan ucapan terima kasih kepada delegasi Tim SFAB (Security Force Assistance Brigade) dari US Army, karena latihan bersama antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) dinyatakan berhasil. Hal tersebut disampaikan saat acara Courtesy Call di Ruang Koridor Gedung A Makodam XII/Tpr, Jum’at (25/3/2022).

Dalam Courtesy Call tersebut, Pangdam XII/Tpr didampingi para pejabat utama Kodam XII/Tpr menerima atase pertahanan Amerika Serikat untuk Indonesia Mayor Vegas dan 5 personel US Army yang dipimpin oleh Captain Labarge. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Waaslat Kasad Bid. Kermamil, Danyonif R 641/Bru dan Danyonzipur 6/SD.

featured ads

Mobile Training Team (MTT) Security Force Assistance Brigade (SFAB) telah dilaksanakan oleh personel US Army dengan Yonif R 641/Beruang dan Yonzipur 6/SD. Latihan antara personel Yonif R 641/Bru dan Yonzipur 6/SD dengan personel US Army telah dilaksanakan sejak tanggal 14 sampai dengan 24 Maret 2022 kemarin.

Baca juga:  Jelang Idul Fitri 1442 H, Danrem 012/TU Mengunjungi Satgas Pam Pulau Rondo

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto dalam sambutannya mengatakan, Mobile Training Team (MTT) Security Force Assistance Brigade (SFAB) gelombang 1 Antara TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Amerika Serikat merupakan wadah pertukaran informasi dan sarana interaksi prajurit untuk memahami perbedaan doktrin, taktik dan teknik bertempur antar kedua angkatan darat serta mengenal budaya kepemimpinan lapangan dan meningkatkan kemampuan bahasa sekaligus mempererat hubungan bilateral kedua Negara.

Menurut Pangdam, bagi satuan Yonzipur 6/SD kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman tentang materi kecabangan Zeni berupa Banpurzi, Kontruksi, Jihandak/Demining dan penggunaan Alberzi, serta bagaimana cara menyelesaikan suatu persoalan tugas baik secara diskusi maupun praktek lapangan.

“Sedangkan bagi satuan Yonif Raider 641/Bru adalah menambah pengetahuan dan keterampilan tentang aplikasi taktik US Army di medan operasi diantaranya Combat Drill, Urban Warfare, Night Battle Drill, Air Assault dan Tactical Combat Casualty Care,” katanya.

Baca juga:  Hari Ini, Satgas TMMD 113 Kodim 0203/Langkat dan Warga Kompak Meratakan Badan Jalan

Pangdam menyampaikan, “kesempatan latihan bersama dengan militer US Army merupakan hal yang tidak didapatkan oleh semua satuan di jajaran AD. Oleh karena itu, dirinya berharap kepada satuan untuk memanfaatkan hasil latihan yang didapatkan. Selanjutnya agar didata, dicatat dan diarsipkan dengan baik, sehingga pada akhirnya dapat disebarluaskan dan ditransfer lebih lanjut kepada prajurit lainnya yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti latihan bersama ini,” ucapnya.

Pangdam XII/Tpr mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Major Vegas dan Captain Labarge beserta anggota US Army atas kerjasama yang baik dalam kegiatan ini sehingga berhasil dengan tidak adanya kerugian personel maupun materiil.

“Terima kasih juga kepada Danbrigif 19/KH, Danyonif Raider 641/Bru dan Danyonzipur 6/SD beserta prajurit masing-masing yang telah melaksanakan latihan ini dengan penuh kesungguhan sehingga dinyatakan berhasil. Laksanakan konsolidasi dan inventarisir semua alat dan perlengkapan maupun administrasi lainnya serta pedomani protokol kesehatan,” tutupnya. (Pendam XII/Tpr)

(BN/Ad)

featured ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.