Panglima TNI-Kapolri Deklarasi Pemilu Damai di Papua.

banner 468x60

Jayapura – Bhinneka News—Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menggelar deklarasi Pemilu Damai 2024 bersama sejumlah elemen masyarakat di Papua. Deklarasi ini dilakukan untuk menegaskan komitmen bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban pemilu di wilayah tersebut.

“Baru saja kita melaksanakan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh saya, Kapolri dan seluruh elemen masyarakat di Papua,” kata Panglima TNI kepada wartawan di Papua, Jumat (8/12/2023).

Panglima TNI mengatakan, TNI siap mendukung pengamanan pemilu di Papua. TNI akan bekerja sama dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban pemilu.

“Kita berharap pelaksanaan Pemilu bisa berjalan lancar, kita akan bantu dari distribusi sampai pengamanan di TPS. Tentunya nanti kita berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu daerah, KPU yang ada di wilayah,” ujarnya.

Baca juga:  Kapendam Kasuari Tegaskan Kasus Pembacokan Oleh Oknum Anggota Rindam Tidak Ada Yang Namanya Rasis

Sementara itu, Kapolri menegaskan, Polri akan bersinergi dengan TNI dan seluruh elemen masyarakat untuk mengawal agar Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

“Saya kira saya sama dengan Pak Panglima bahwa Polri bersinergi dengan TNI dan seluruh stakeholder tentunya memiliki tugas mengawal dan mengamankan tahapan Pemilu sehingga semuanya bisa berjalan aman, dan lancar,” ujar Jenderal Sigit.

Kapolri juga berharap masyarakat di Papua untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban pemilu. Masyarakat diminta untuk menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi.

“Saya kira ini menjadi penting dan harus terus digelorakan sehingga Pemilu berjalan aman dan tertib, masyarakat juga bebas apa yang menjadi keinginannya dan yang paling penting menjaga persatuan dan kesatuan,” Ungkap Kapolri.

Baca juga:  Protest Against Government In Malibu

Dalam deklarasi tersebut, 42 orang peserta dari tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, dan penyelenggara pemilu KPU serta BAWASLU menyatakan komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban pemilu di Papua.

Berikut adalah narasi komitmen bersama Pemilu damai yang dibacakan oleh perwakilan elemen masyarakat Papua:

Kami segenap komponen masyarakat Papua berkomitmen:

  1. Mendukung dan membantu jajaran TNI/Polri dalam menjaga keamanan serta mensukseskan gelaran Pemilu 2024 yang aman dan damai;
  2. Menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  3. Menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi;
  4. Bersama-sama menangkal berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.(EA.P)
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *