Presiden RI Jokowi: Jaga Kedaulatan Laut Indonesia

Presiden RI Jokowi: Jaga Kedaulatan Laut Indonesia
Presiden RI Jokowi: Jaga Kedaulatan Laut Indonesia
banner 468x60

Bhinnekanews.id, IKN – “Jaga Kedaulatan Laut Indonesia.” Demikianlah pesan yang dituliskan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat on board di KRI Escolar-871 dalam rangka mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (25/10/2022) lalu.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Provinsi Kalimantan Timur bersama Menteri PUPR Mochamad Basuki didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat untuk meninjau progres pembangunan di IKN dan fasilitas pendukungnya dilakukan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya Presiden dan rombongan menggunakan jalur darat dari Balikpapan ke IKN dengan waktu tempuh selama 2 jam, tetapi kali ini menggunakan jalur laut dengan menggunakan KRI Escolar-871 yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Jalur yang dilalui Presiden Jokowi dalam perjalanan ke IKN itu adalah jalur laut yang akan menjadi transportasi logistik ke IKN, jalur ini merupakan jalur yang sangat penting. Presiden mengatakan bahwa pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik dan logistik.

Perintah untuk mendukung Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden ke Kalimantan ini diterima Komandan KRI Escolar-871 bahwa KRI Escolar bertugas sebagai Unsur Angkut VVIP dan KRI KRS-624 sebagai Unsur Pam VVIP sector, alur pelayaran Teluk Balikpapan.

Saat dihubungi via telepon, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafis menjelaskan bahwa TNI AL dalam hal ini Lanal Balikpapan menggelar Ops Jalasena Nusantara untuk mengamankan Jalur Logistik Laut IKN sepanjang tahun. “Jalur logistik lewat Laut merupakan jalur utama pergeseran logistik pembangunan IKN,” jelasnya.

Baca juga:  Lapas Narkotika Kelas IIA P.Siantar Peringati Isra’ Mi’Raj Nabi Muhammad SAWJumat

Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat menegaskan bahwa Koarmada II siap mendukung suksesnya pembangunan IKN dengan menggelar operasi keamanan laut untuk pengamanan jalur logistik IKN. Melihat potensi yang strategis alur pelayaran di perairan Balikpapan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat melaksanakan kunjungannya ke Balikpapan dan IKN menegaskan bahwa jalur logistik laut dan fasilitas pendukungnya dalam mendukung pembangunan IKN harus terjamin keamanannya, dan seluruh jajaran TNI AL agar mendukung penuh pemerintah dalam melaksanakan pembangunan IKN.

Baca juga:  Polres Madina Lepas AKBP W. Sidabutar dengan Upacara Tradisi Purna Bakti02/09/2023.

Sementara itu, Pemerintahan Presiden Jokowi optimis bahwa rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan segera terwujud, sehingga Bangsa Indonesia dapat merayakan hari jadinya yang ke-79 tahun di IKN pada tahun 2024 nanti.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

(BN/JH)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *