Pulihkan Ekosistem Laut, Kodim 0808/Blitar Menanam Pohon Mangrove di Sepanjang Pantai

featured ads

Bhinnekanews.id, Blitar – Komando Distrik Militer (Kodim) 0808/Blitar bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat, menggelar penanaman bibit pohon Mangrove di sepanjang Pantai Serang bertempat di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar, Jumat (4/3/2022).

featured ads

Penanaman pohon Mangrove secara serentak yang dilaksanakan Kodam V/Brawijaya Tahun 2022 tersebut, digelar di beberapa lokasi diantaranya yaitu di Wilayah Kodim 0808/Blitar yang menanam pohon Mangrove, yang ditanam di sepanjang Pantai Serang.

Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono mengatakan, untuk di ketahui bahwa hutan Mangrove yang berada di Blitar ini sudah hampir habis, untuk itu kegiatan ini kita galakkan kembali dalam rangka untuk menjaga dan memulihkan kelestarian ekosistem laut. Dan melalui upaya rehabilitasi tumbuhan Mangrove ini, harapannya dapat melindungi garis pantai dari abrasi.

Baca juga:  Tingkatkan Kesadaran Warga, Kodim 0808/Blitar Terus Menghimbau Prokes

“Pelestarian alam dan lingkungan merupakan bagian dari sumber daya yang mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting. Dari situlah kita bergerak untuk melakukan kegiatan rehabilitasi kembali hutan Mangrove guna menjaga kelestarian ekosistem lingkungan dan biota-biota laut dalam menyangga keberlangsungan hidup kita kedepannya,” ungkap Dandim.

Baca juga:  Pos Saparan Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Bersama Masyarakat Bersihkan Halaman SDN 05

Dandim 0808/Blitar juga berharap agar bibit pohon Mangrove yang telah ditanam hari ini, supaya dijaga dengan baik. Sehingga tanaman ini nantinya bisa bermanfaat bagi warga masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di dekat area pantai Serang, sekaligus dapat mencegah abrasi dan bisa menjadi peresapan air laut, biar tidak merusak daratan.

“Pelestarian lingkungan merupakan tugas kita semua, upaya-upaya pelestarian hutan Mangrove perlu terus digalakkan supaya dapat mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya (Dim0808)

(BN/Ad)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *