Sambut HUT Ke-61 Korps Wanita TNI AL, Ini Rangkaian Pertama yang Dilaksanakan

banner 468x60

Jakarta – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-61 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal)Tahun 2024 yang mengusung tema “Kowal Tangguh dan Hebat Menuju Indonesia Maju”, dilaksanakan beragam rangkaian kegiatan yang salah satunya adalah ziarah ke makam Nyi Ageng Serang Yogyakarta dimana kegiatan ini dipimpin oleh Mayor laut (S/W) Sarkianur, Sabtu (18/11).

Tujuan dari kegiatan ziarah ini adalah mengenang jasa Nyi Ageng Serang, merupakan salah satu pahlawan wanita di Indonesia yang menginspirasi para Korps Wanita TNI Angkatan Laut. Jiwa nasionalisme dan cinta akan tanah airnya dapat memotivasi perempuan-perempuan di Indonesia untuk selalu berkarya dan pantang menyerah.

Sosok dari Nyi Ageng Serang ini adalah sosok seorang wanita tangguh yang berhasil memimpin pasukannya dengan berbagai siasat yang dilakukan. Nyi Ageng Serang juga merupakan pejuang wanita yang berasal dari tanah Jawa, keturunan dari Pangeran Napraja yang pada saat itu menguasai daerah Kerajaan Mataram.

Nyi Ageng Serang merupakan sosok dari seorang wanita yang memiliki jiwa dan rasa cinta tanah air yaitu nasionalisme, yang berpendapat bahwa kesetiaan tertinggi ada pada individu tersebut. Rasa cinta tanah air yang dirasakan Nyi Ageng diwujudkan dengan berjuang tak kenal lelah bahkan rela mengorbankan jiwa dan raganya.

Sebanyak 44 orang peserta Ziarah turut serta dalam kegiatan ini yang terdiri dari 19 orang merupakan Prajurit kowal dan PNS Putri Lanal Yogyakarta dan 25 orang lainnya merupakan personel Satker Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal).

Baca juga:  Polres Simalungun Gelar Peduli Lingkungan Bersih Pajak Tradisional Pematang Raya13 Juli 2023

Setibanya di lokasi, para peserta di sambut hangat oleh salah satu warga setempat yang merupakan juru kunci yaitu pak Waldi dan kegiatan dibuka secara langsung oleh Letkol Laut (KH) Bahrum, S.Ag.,M.M. CIQnR, CIQaR.

Baca juga:  Ringan Tangan, Satgas TMMD Reguler Ke-116 Bantu Warga Perbaiki Sepeda Onthel

Sebelum dimulai, para peserta mengawali dengan doa bersama yang dipimpim Letda Laut (KH) Ahmad Naufal dan Serda PDK Mohammad Haviz dilanjutkan tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah di makam Nyi Ageng Serang Yogyakarta dan ditutup foto bersama.

Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) merupakan pasukan prajurit wanita di jajaran TNI AL yang memiliki tugas dan tanggung jawab kedinasan sama seperti prajurit lainnya, pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT kowal merupakan wujud konsistensi TNI AL dalam membangun SDM yang profesional dan tangguh hal ini sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Editor : Jo

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *