Sat Binmas Polres Samosir Mediasi Saudari Kandung Terkait Sengketa Mengusahai Lahan

banner 468x60

Samosir, BHINNEKA NEWS

Personel Sat Binmas Polres Samosir AIPDA H.L. Situmorang dan Bripka Marbeta Sianipar bersama pemerintah Desa Situngkir memediasi dua saudari kandung yang berselisih terkait pengelolaan sebidang lahan warisan orangtua mereka senin (20/05) di kantor desa situngkir kecamatan pangururan kabupaten samosir.

AS dan KS terlibat perselisihan mengenai hak pengelolaan Sebidang lahan di Desa Situngkir. Menurut AS, lahan tersebut diberikan oleh orangtua mereka untuk diusahai, namun saat ini dikelola oleh KS karena AS tinggal di luar Kabupaten Samosir. KS berpendapat bahwa lahan tersebut adalah milik keluarga mereka dan dirinya berhak mengelolanya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam mediasi tersebut, personel Sat Binmas menghimbau kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Personel juga menghubungi keluarga mereka yang berada di luar Kabupaten Samosir. Dari saudara laki-laki mereka diperoleh informasi bahwa “Lahan tersebut untuk sementara diusahai oleh KS karena sudah sempat diusahai bercocok tanam, dan masalah ini akan diselesaikan secara kekeluargaan.”
Keputusan bersama antara kedua belah pihak dan saudara laki-laki mereka menyatakan bahwa pengelolaan lahan sementara akan diserahkan kepada KS sampai ada penyelesaian lebih lanjut secara kekeluargaan.

Baca juga:  Kegiatan Sosial Sat Binmas Polres Samosir di Desa Lumban Suhisuhi Dolok

Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir menyampaikan bahwa “Permasalahan pengelolaan lahan telah diputuskan untuk sementara dikelola oleh KS sambil menunggu penyelesaian akhir yang dihadiri oleh saudara laki-laki kedua belah pihak.”

Baca juga:  KPU Simalungun - Lapas Narkotika Siantar Siapkan TPS Khusus

Ditambahkannya “Permasalahan ini akan dipantau oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama pemerintah desa. Dengan pengawasan bersama, diharapkan pengelolaan lahan tidak menimbulkan konflik lebih lanjut sampai permasalahan terselesaikan secara kekeluargaan.” Pungkas Brigadir Vandu P Marpaung.(RH).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *