• Ming. Sep 25th, 2022

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Menggelar Bhaksos Khitanan Massal 31 Anak Batas Negeri

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Menggelar Bhaksos Khitanan Massal 31 Anak Batas Negeri
Share
featured ads

Bhinnekanews.id, Sambas – Satgas Pamtas Yonif 645/Gty bersama Puskesmas Temajuk dan Rumah Zakat Kalbar (Aksi sosial merah putih) menggelar Bakti Sosial Khitanan Massal kepada 31 Orang Anak batas negeri, bertempat di wilayah Pos Temajuk Kec. Paloh, Kab. Sambas, Sabtu (13/8/2022).

Dansatgas Pamtas Yonif 645/Gty Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangannya di Pos Kotis Gabma Entikong, mengatakan kegiatan Bakti Sosial Khitanan Massal tersebut dilaksanakan oleh Tim Kesehatan SSK 1 Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dipimpin oleh Letda Ckm dr. M. Arraniri beserta 7 anggota, Danpos Temajuk Letda Inf K. Ginting, Takes Pos Temajuk prada M.Ali beserta 5 orang anggota bersama Puskesmas Temajuk dan Rumah Zakat Kalbar (Aksi sosial merah putih),” ujar Dansatgas.

featured ads

Diungkapkan Dansatgas, Bakti Sosial berupa Khitanan/sunatan massal kali ini dilaksanakan di wilayah Pos Temajuk Kec. Paloh, Kab. Sambas.

Baca juga:  Bakat dan Minat serta Karya Lagu dalam Ekonomi Kreatif dan Hukum

“Kegiatan Khitanan Massal atau Sunatan Massal merupakan salah satu program di bidang Kesehatan Satgas, yaitu selain memberikan pelayanan kesehatan seperti pengobatan juga mengajak masyarakat untuk merawat diri dengan menjaga kesehatan sejak dini yaitu dengan melaksanakan Khitan atau Sunat,” terang Dansatgas.

Diakuinya, operasi kecil khitan/sunat ini, memang merupakan kegiatan di bidang kesehatan, namun selain itu juga merupakan bagian dari pembinaan teritorial di daerah penugasan, khususnya di wilayah perbatasan RI-MLY lebih tepatnya di wilayah temajuk, Sekaligus untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat dan bertujuan membangun hubungan sosial dan komunikasi yang baik serta mempererat tali silahturahmi. Karena kegiatan ini memberikan efek kesehatan dalam jangka panjang terhadap kondisi tubuh masyarakat,” tambah Dansatgas.

Masyarakat sangat menyambut baik kegiatan Khitanan/Sunatan massal ini, hal ini dikarenakan untuk melakukan Khitan/sunat memerlukan dana yang cukup besar sehingga terkadang bagi orang yang tidak mampu akan mengalami kesulitan untuk melaksanakannya, “untuk itulah Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty berinisiatif menggelar Baksos Khitanan/Sunatan Massal di perbatasan dan kehadiran kami ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat dan pengaruh Positif dalam rangka Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” ucap Dansatgas.

Baca juga:  Satgas Yonif 126/KC Mendatangi dan Mengobati Warga yang Alami Demam Tinggi

Sementara itu, perwakilan dari orang tua pasien mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dengan terselenggaranya kegiatan bakti sosial Khitanan/Sunatan Massal ini, khususnya warga desa yang kurang mampu merasa sangat terbantu dapat mengkhitan anak-anaknya saat ini dengan tanpa mengeluarkan biaya apapun mulai dari dikhitan, obat-obatan sampai dengan masa penyembuhan nantinya. (Pen Satgas Pamtas 645)

(BN/JH)

featured ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.