Wakapolres Simalungun Hadiri Tepung Tawar kepada 203 Jamaah Haji Tahun 2023.

banner 468x60

SIMALUNGUN –Bhinneka News~ Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakilkan Wakapolres Simalungun KOMPOL Efianto, S.H, M.H., menghadiri kegiatan tepung tawar yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun kepada 203 jamaah haji tahun haji 1444 H/2023 M, di halaman Masjid Asy Syuhada, Jln Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumatera Utara, pada Kamis (01/06/2023).

Acara tepung tawar kepada jamaah haji asal Kabupaten Simalungun ini dipimpin oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, bersama Wakil Bupati H Zonny Waldi, Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief, Wakapolres Simalungun KOMPOL Efianto, S.H, M.H., Forkopimda, dan para undangan lainnya.

Prosesi dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang disampaikan oleh Tarmizi Anmar Nasution dan saritilawah Nur Sakinah Rangkuti. Acara ini ditandai dengan penyerahan bale kepada perwakilan jamaah pria dan wanita, serta pemakaian kacu secara simbolik kepada jamaah haji.

Selain itu, jamaah haji asal Kabupaten Simalungun juga menerima cendramata berupa mukena dan kain ihkrom.

Dalam rangkaian acara tersebut, Bupati Simalungun juga memberikan uang saku kepada setiap jamaah sebagai ungkapan kebahagiaan sebagai warga Habonaron Do Bona.

Baca juga:  Lagi - lagi Jajaran Pengamanan Lapas Pematang Siantar Batu VI Pastikan Keamanan Kamar Hunian Bagi para WBP Aman dan Terkandali

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Simalungun, H Ahmad Sofian, yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Penyelenggara Haji, menyampaikan bahwa kloter pertama jamaah haji dari Sumatera Utara telah berangkat ke Madinah pada tanggal 24 Mei 2023.

“Jamaah haji Kabupaten Simalungun akan berangkat pada Kloter 14, bergabung dengan jamaah haji Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Langkat, dan Kota Medan,” kata Ahmad.

Ahmad menjelaskan bahwa jumlah jamaah haji Kabupaten Simalungun sebanyak 203 orang, terdiri dari 87 jamaah pria dan 116 jamaah wanita. Jamaah haji pria tertua adalah Joharuddin Nainggolan (90) dari Kecamatan Tapian Dolok, sedangkan jamaah haji pria termuda adalah Fajar Desti Natama Nongah Sinaga (20) dari Kecamatan Dolok Batu Naggar.

Sementara itu, jamaah haji wanita tertua adalah Jumini (84) dari Kecamatan Bandar Masilam, dan jamaah haji wanita termuda adalah Zarina Chairunnisa (20) dari Kecamatan Dolok Batu Nanggar.

“Ada 4 orang jamaah haji Simalungun yang mutasi ke Medan, 2 orang ke Yogyakarta, 6 orang ke Siantar, 1 orang ke Labuhan Batu, dan 1 orang ke Mandailing Natal,” ucap Ahmad.

Baca juga:  Bersama Warga Satgas TMMD Reguler Ke-116, Kodim 1203/Ktp Pasang Umbul-Umbul Untuk Upacara Penutupan

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad juga menjelaskan tentang daftar tunggu (waiting list). Ia menyebutkan bahwa jumlah waiting list untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara sebanyak 156.144 jamaah, sementara untuk Kabupaten Simalungun sebanyak 3.376 jamaah. “Jika mendaftar hari ini, akan menunggu sampai 20 Tahun,” jelas Ahmad.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, mengimbau kepada para calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan dan pola makan yang teratur selama menjalankan ibadah haji nantinya.

“Semoga sehat sampai ke tujuan dan kembali juga sehat saat kembali ke tanah air, doakan Tanoh Habonaron Do Bona dan masyarakatnya termasuk pemerintah Kabupaten Simalungun,” pinta Bupati.

“Semoga menjadi haji dan hajjah yang mabrur. Jaga kesehatan, terutama dengan cuaca yang ekstrem saat ini, dan jaga pola makan dengan teratur,” ucap Bupati.

Acara tepung tawar tersebut diakhiri dengan tausyiah yang disampaikan oleh Al Ustadz H Azrul Azwan Sirait, dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) H Ki Darjat Purba.(EA.P)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *