Kasal Sematkan Brevet Kehormatan Saat Peringati HUT ke-64 Hiu Kencana

banner 468x60

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-64 Hiu Kencana yang merupakan sebutan dari Satuan Kapal Selam TNI Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyematkan brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada sejumlah Perwira Tinggi TNI AL di KRI Alugoro-405 yang sedang berlayar dari dermaga Madura, Ujung, Surabaya menuju perairan Selat Madura Surabaya Jawa Timur, Selasa (12/09/2023).

Sejumlah pejabat TNI AL yang mendapatkan kehormatan ini adalah Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, Wagub Lemhannas Laksda TNI Maman Firmansyah, Pangkoarmada I Laksda TNI Achmad Wibisono, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, dan Pangkoarmada III Laksda TNI Rachmad Jayadi.

Baca juga:  Kapolres Pimpin Perayaan Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 dan Peluncuran Gedung Traffic Management Center Polres Simalungun25/09/2023.

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan bahwa pemberian brevet merupakan penghormatan kepada orang yang telah berjasa bagi Satuan Kapal Selam. “Pemberian Brevet Kehormatan Kapal Selam adalah sebagai bentuk penghormatan dan kebanggaan kepada personel yang telah memberikan sumbahsih nyata dan pemikiran demi kemajuan Satuan Kapal Selam”, ujar Kasal.

Prosesi diawali terlebih dahulu dengan melakukan persiapan penyelaman, briefing prosedur yang harus dipatuhi di Kapal Selam serta menyaksikan langsung bagaimana sebuah kapal selam beroperasi, diantaranya mendeteksi posisi kawan dan lawan melalui periskop, serta mencoba mengoperasikan alat-alat yang ada di kapal selam seperti alat deteksi dan navigasi bawah air.

Baca juga:  Tim SAR TNI AL Lanal Banten Berhasil Temukan Korban Tenggelam di Laut

Kapal selam TNI AL yang secara resmi dibentuk pada tanggal 12 September 1959 memiliki tradisi pengangkatan sebagai Warga Kehormatan Kapal Selam kepada putra bangsa yang dinilai berjasa dalam mendukung pembinaan kapal selam sebagai salah satu senjata strategis dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT). Tradisi tersebut hingga saat ini masih dipertahankan dan telah banyak para tokoh putra bangsa yang menjadi warga kehormatan.

Dalam acara penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana tersebut, turut hadir para pejabat utama Mabesal, para Pejabat Kotama TNI AL di Surabaya, Para perwira beserta personel Satuan Kapal Selam Koarmada II.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Editor : Jo

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *