5 orang siswa SMKN 1 Nainggolan Kabupaten Samosir, Lulus SNBP 2024.

banner 468x60

Samosir BHINNEKA NEWS

Kepala SMK Negeri 1 Nainggolan, Kabupaten Samosir, Drs Joslan Simajuntak M.Si, menyampaikan apresiasi atas keberhasilan 5 siswa yang lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Indonesia.
“Puji syukur peserta didik kita ada yang melanjutkan kuliah ke universitas negeri. Tahun ini masuk PTN meningkat dibandingkan dengan tahun lalu,” tutur Kepsek Joslan Simajuntak kepada wartawan senin (22/04) lewat telepon selulernya.

Dikatakan, bahwa semboyan SMK yakni: kerja, melanjutkan, atau  berwirausaha, salah satunya adalah melanjutkan kuliah dengan SNBP yang dilaksanakan oleh pemerintah yang direspon dengan baik.
“Terbukti mereka semua ikut prosedur dari awal dan guru-guru mengarahkan mereka sesuai dengan minat serta bakat masing masing siswa. Jadi baik wali kelas dan Wakasek Bidang Kurikulum dengan membimbing anak-anak itu sehingga jurusan yang dipilih sesuai minat dan bakatnya,” jelasnya.
Jumlah peserta tahun ini cukup banyak siswa yang mendaftar di SNBP. Semua peserta didik dibekali dengan kegiatan sosialisasi kepada siswa-siswi supaya dalam memilih jurusannya tidak tabrakan dengan  temannya.
“Kita terus intens melakukan kerjasama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) yang dibantu oleh wakil kepala sekolah (Wakasek) sehingga apa yang dicita-citakan sesuai keinginan siswa, tidak ada saling berebut dengan kawan-kawan di jurusan yang sama sehingga tidak bertumpuk dan harus bersaing antar sesama teman sendiri,” paparnya.

Ketika ditanya tentang Ujian Sekolah (US) SMKN 1, Joslan mengatakan ujian sedang berlangsung dan akan berakhir pada 3 April dan dilanjutkan dengan ujian susulan mulai 4 – 6 April 2024.
Sementara Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sudah selesai dilaksanakan Minggu lalu sebagai ujian praktek siswa yang menjadi pendukung nilai kelulusan siswa.
Beberapa syarat kelulusan itu bagi semua peserta didik harus menuntaskan seluruh proses pembelajaran meliputi seluruh ujian sekolah baik US dan UKK, berkelakuan baik, tidak terlibat perbuatan tindak pidana, narkoba, geng motor atau tawuran.
Ditambahkan dia lagi, fokus lulusan SMK adalah siap kerja. Banyaknya lulusan yang diserap di pasar kerja. Pemerintah senantiasa menjadikan SMK sebagai indikator siap bekerja. Selain itu berapa besar semangat lulusan SMK yang berwirausaha. Melalui aplikasi tracer studi dapat diketahui penelusurannya.
“Jadi kalau alumni SMKN 1 Nainggolan ini harus tahu dia tamat dari sini bekerja atau kuliah. Walaupun kita senang ada yang melanjutkan kuliah, namun lebih baik jika lulusan SMK itu terampil dan mahir bekerja atau berminat membuka lapangan kerja (enterprenuership) yang bermanfaat bagi keluarga, dan masyarakat luas,” terangnya.

Baca juga:  PGN Pasok Gas Bumi 10 BBTUD ke PLN Batam

Nama siswa lulus SNBP antara lain: –

  • Hendyko (Univ Plangkaraya – Pemasaran Perikanan dan Kelautan),
  • Ontaria Una Sailing Sinaga (Univ Negeri Manado – Ilmu Komputer),
  • Resinya batuara (Univ Negeri Padang – Bahasa dan Seni),
  • Setyana rumapea (Univ Plangkaraya – Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan),
  • Puri Patresya batuara (Univ Plangkaraya – Ekonomi).
    Dari ke 5 siswa yang lulus jalur SBP 2024 tersebut adalah Strata satu (S1), sekali lagi kita mengapresiasi mereka mampu bersaing dengan SMK yang ada di Sumatera Utara khususnya dan di indonesia umumnya.(RH).
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *