DPRD Samosir Gelar Rapat Paripurna Peringati Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Samosir.

banner 468x60

Samosir bhinneka news.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Samosir Tahun 2024, DPRD Kabupaten Samosir menggelar Rapat Paripurna senin (08/01) di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD Kabupaten Samosir, Komplek Perkantoran Parbaba.

Hadir dalam rapat paripurna ini, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, Wakil Bupati Drs. Martua Sitanggang, MM, Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, Forkopimda, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Samosir, pimpinan BUMN/BUMD dan Instansi Vertikal, mantan Wakil Bupati Samosir, mantan DPRD Samosir, Tokoh Pemrakarsa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP, LSM dan insan Pers.

Rapat dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD, Sorta E. Siahaan didampingi Wakil Ketua Pantas M. Sinaga dan Nasip Simbolon.
Selanjutnya, pimpinan rapat mempersilahkan Plh. Sekda Hut Isasar Simbolon membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Samosir.

Mewakili Tokoh Pemrakarsa, Manginar Sitanggang mengajak para hadirin untuk merenung masa Kabupaten Samosir sebelum pemekaran, masa sekarang dan masa yang akan datang.
Dirinya mengisahkan bagaimana upaya pemekaran Samosir membutuhkan perjuangan yang cukup panjang yang dialami oleh tokoh-tokoh pemrakarsa.
Dikatakan Manginar, bahwa masa sekarang banyak perkembangan dalam pemerintahan, pembangunan dan pada perekonomian masyarakat. “Kita pantas bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwa Samosir diijinkan menjadi sebuah Kabupaten, dan sudah kita rasakan saat ini banyak perkembangan dan kemajuan”, ujarnya.
Sejalan dengan ditetapkannya Samosir dan Danau Toba sebagai daerah pariwisata super prioritas, Manginar berharap kedepan agar eksekutif, legislatif, dan yudikatif menyatukan Visi dan Misi demi Samosir lebih jaya dan lebih makmur kedepan.

Mewakili mantan Bupati/Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga (Wakil Bupati Samosir Periode 2015-2020) dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjuangan tokoh-tokoh pemrakarsa bukan semata-mata hanya pembentukan kabupaten saja, tetapi adalah perjuangan untuk kesejahteraan masyarakat Samosir.
“Mengingat perjuangan para tokoh tersebut, maka kita sepatutnya untuk mendedikasikan hidup kita untuk pembangunan Kabupaten Samosir yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, kata Juang Sinaga.

Baca juga:  kapolres Dairi Terima Apresiasi Dan Piagam Penghargaan Atas Pengaman KKR.

Ketua DPRD Samosir Periode 2004-2009, Jonni Naibaho menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-20 untuk Kabupaten Samosir. “Usia 20 tahun, saya kira sudah bisa marathon. Maka kita harapkan kedepan, Kabupaten Samosir semakin maju, semakin jaya dan masyarakatnya semakin sejahtera”, kata Jonni.
Jonni Naibaho juga meminta agar Pemkab Samosir menuliskan nama nama tokoh pemrakarsa pembentukan Kabupaten Samosir dalam ‘tinta emas’ dan bila perlu dibuatkan prasasti untuk mengenang jasa-jasanya.

Baca juga:  Rutan Perempuan Medan Kanwil Kemenkumham Sumut Memberikan Remisi Khusus Natal kepada Warga Binaan

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST mengawali sambutannya menyampaikan atas nama pribadi, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, mengucapkan Selamat Hari Natal 2023 dan Selamat Tahun Baru 2024, dan Dirgahayu Kabupaten Samosir ke-20, tanggal 7 Januari 2024, kepada segenap masyarakat Kabupaten Samosir di manapun berada, kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir, segenap aparatur pemerintah, TNI/Polri dan swasta serta seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Samosir.
Semoga kita dapat bergandengan tangan untuk percepatan pencapaian visi Kabupaten Samosir, yaitu terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, pendidikan dan kesehatan”, kata Vandiko.
Pada kesempatan ini, Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Samosir yang tetap menjaga kondusifitas kehidupan, dan diharapkan kondisi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada hari-hari yang akan datang. Selanjutnya Bupati meminta agar momentum peringatan hari jadi ke-20 Kabupaten Samosir dapat dimaknai untuk melihat masa lalu sebagai sebuah rantai sejarah dan kita jadikan fondasi yang sangat bernilai dan refrensi untuk menapaki masa kini dan masa depan; mengkaji kembali tentang

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *