Tokoh Asli Papua Mendukung Laksda Antongan Simatupang Sebagai Pj Gubernur Papua

banner 468x60

JAYAPURA – Tokoh Asli Papua, Y.M. Ricko Rumayomi, menyatakan dukungan kepada Laksda Antongan Simatupang untuk menjadi Penjabat (Pj.) Gubernur Papua. (2/8/2023)

Ricko menyampaikan, sosok Jenderal Angkatan Laut ini sangat layak melaksanakan tugas Pj. Gubernur Papua karena beliau orang netral, sehingga dapat menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 di Papua secara damai dan bermartabat.

“(Pj. Gubernur Papua Laksda Antongan yang netral) sehingga jangan dari kedua wilayah adat Saireri maupun Tabi, kita ini Provinsi induk jadi harus jadi teladan bagi Provinsi baru lainnya,” ujar Ricko dalam keterangannya, Jumat kemarin (28/7/2023).

Ricko mengingatkan, agenda penting bagi Pj. Gubernur Papua adalah menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, jadi kalau Pj orang dari salah satu suku di wilayah adat Tabi ataupun Saireri, maka berpotensi menimbulkan ketidakadilan.
Karena itu, lanjut Ricko, justru orang dari luar Papua akan lebih baik dan lebih bisa diterima semua pihak. Sehingga yang berambisi mau menjadi Gubernur ya siapkan diri untuk maju 2024.

Baca juga:  Satgas Yonarmed 16/TK Ikut Serta Membantu Prosesi Pemakaman Warga di Temajuk

“Untuk itu saya mendukung pusat biarkan menentukan sesuai aturan yang berlaku, yang lain-lain saya beri masukan biar siap maju nanti,” jelas Ricko.

Baca juga:  311 Peserta Dari Sembilan TC Ikut Kualifikasi Sempoa SIP Se-Aceh 2023

Ricko yang juga sebagai Ketua DPW Mabes 24 Ganjar Papua menyampaikan, Laksda Antongan Simatupang adalah orang yang sudah sangat mengenal baik Papua.

“Beliau juga memiliki rekam jejak serta latar belakang sudah pernah dan besar di Papua jadi sudah pasti mengetahui sisi adat dan budaya orang Papua khususnya wilayah Tabi dan Saireri” tutur Ricko.

Editor : Jo

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *